Pages

RPP KURIKULUM 2013 Bahasa Inggris Kelas X Personal Letter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

­­­­­­­­­­­­Satuan Pendidikan           : SMAN 3 Kediri
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas                                 : X
Materi Pokok                     : Teks surat pribadi
Alokasi Waktu                   : 1 pertemuan (2 JP)

A.       Kompetensi Inti
KI 1     :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli      (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1  Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2 Mengakui ketika membuat    kesalahan.
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya 

3.5.1 Mengidentifikasi ciri-ciri teks surat pribadi
4.
4.8   Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.8.1 Menyusun teks surat pribadi sederhana

C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri pada teks surat pribadi dengan tepat.
2.      Menyusun teks surat pribadi dengan benar dan tepat.

D.       Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial       :
1.   Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara  tertulis.
2.   Memberi informasi kepada teman.

Structure Texts            :
a.    Date
b.    Salutation: Dear ....
c.     Opening paragraph: Greetings, memberi  kabar keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
d.    Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
e.    Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
f.      Signature

Unsur kebahasaan :
(1)    Kata dan tata bahasa   baku
(2)    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)    Rujukan kata
(5)    simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi

E.        Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*      Gambar
*      Power point slide

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
·     Apersepsi dan motivasi
·     Penyampaian tujuan pembelajaran
·     Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (70 menit)
Observing

Teacher
Student
·    Guru menampilkan beberapa contoh gambar yang berhubungan dengan teks surat pribadi.






·      Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
·      Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
·      Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
Questioning
Teacher
Student
·   Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti.
·      Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan antara lain fungsi social, struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
Exploring
Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk menyusun teks surat pribadi secara mandiri.
·      Siswa menganalisis surat pribadi terkait dengan struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
·      Siswa secara mandiri menyusun surat pribadi.
Associating
Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan berdiskusi tentang teks surat pribadi.
·      Siswa secara berpasangan bertukar hasil dari surat pribadi yang telah dibuat untuk saling mengoreksi.
Communicating
Teacher
Student
·    Guru meminta murid untuk mengumpulkan hasil teks surat pribadi yang telah dibuat.
·      Siswa mengumpulkan teks surat pribadi yang telah dikoreksi bersama teman untuk mendapat feedback dari guru.
Penutup (10 menit)
Penutup
·      Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·      Penugasan
·      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.    PENILAIAN  
A.       Penilaian Sikap
Kriteria
Skor
Siswa mengerti dan memahami penggunaan unsur kebahasaan yang telah diberikan dalam teks surat pribadi dan dapat menyusun teks dengan baik dan benar.
90 -100
Siswa mampu menggunakan unsur kebahasaan dan menyusun teks tetapi kurang baik dan benar.
70 - 80
Siswa mengerti penggunaan unsur kebahasaan dan tidak bisa menysun teks surat pribadi.
50 – 65













B.      Penilaian Pengetahuan

Bentuk                 : Test Tertulis
Jumlah Soal          : 20 soal
Bobot nilai           : 5 untuk setiap soal.

  Nilai                     = Jumlah skor             x 100
                                  Skor Maksimal

C.       Penilaian Keterampilan

Kriteria
Skor
Siswa mampu menggunakan unsur kebahasaan dengan tepat dan mampu membuat teks surat pribadi dengan baik dan benar.
90- 100
Siswa mampu menggunakan unsur kebahasaan dengan tepat dan mampu membuat teks surat pribadi tetapi kurang baik dan benar.
80-89
Siswa mampu menggunakan unsur kebahasaan dengan tepat tetapi tidak mampu membuat teks surat pribadi.
70-79
Siswa tidak mampu menggunakan unsur kebahasaan dengan tepat dan tidak mampu membuat teks surat pribadi.
60-69

Kediri, 22 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui
Kepala SMAN 3 Kediri                                                                           Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                          ____________________

NIP. ...                                                                                                   NIP. ...




  • Untuk Student Worksheet bisa di download disini

2 komentar:

Casino Online With Bitcoin | Xn--o80b910a26eepc81il5g.online
Play casino online with Bitcoin, Litecoin, and more - 우리카지노 계열사 no download no registration needed - free 온카지노 bitcoin slots games,casino games ミスティーノ and casino tables - Free

 

Mohegan Sun Pocono | Casino Deals - Poormans
Enjoy a day 포커 테이블 of fun at Mohegan Sun Pocono, the 윌리엄힐 premiere casino in Pennsylvania. Here you'll find everything you need to 바카라 사이트 주소 relax, dine, and 메리트 dine while 홀덤 용어

 

Posting Komentar