(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN
3 Kediri
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : VII
Materi
Pokok : Teks Lisan Sapaan, Pamitan dan Perkenalan Diri
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
A. Kompetensi Inti
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
|
2.2.1
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2
Mengakui ketika membuat kesalahan.
2.2.3
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.2.4
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
|
3.
|
3.1.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan
diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan memberi
sapaan, pamitan, serta responnya.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan perkenalan
diri, serta responnya.
|
4.
|
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk
mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2
Menyusun teks lisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4.1.1 Mengucapkan macam-macam bentuk sapaan dan
pamitan, serta responnya.
4.1.2
Menyusun teks lisan ungkapan sapaan, pamitan, serta responnya.
4.2.1
Menyusun teks lisan menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri.
.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan
pembelajaran, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi macam-macam bentuk ungkapan sapaan, pamitan, perkenalan diri, serta
responnya.
2. Mengucapkan sapaan,
pamitan,perkenalan diri dengan
intonasi yang jelas.
3. Menyusun teks sapaan, pamitan, perkenalan diri secara
lisan.
D. Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial : Untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Structure Texts :
Ungkapan sapaan dan pamitan :
a. Good
morning. How are you? Fine, thank you. And you?, etc
b. Goodbye. Bye.
See you later. See you. Take care., ...
c. Thank you.
You are welcome., ...
d. I’m sorry.
That’s fine, okay. Allright., ...
Ungkapan perkenalan diri :
My name is ..., I’m ..., What’s
your name?, Where do you live?, Nice to
meet you, How do you do, ...
Unsur kebahasaan :
(1) Kata ganti kepunyaan
My, your, our, their, her. his,
its
Mine, yours, ours, theirs, hers,
his, its.
(2)
Kata
ganti subjek
I, you, we, they, he, she, it
(3)
Kosa kata, ucapan, tekanan
kata, ejaan, dan intonasi.
Topik : Berbagai
hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran,
di dalam maupun di luar kelas.
E.
Metode Pembelajaran
1. Metode
Ilmiah (Scientific Approach)
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Gambar
Power
point slides
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam tegur sapa
|
·
Apersepsi dan motivasi
·
Penyampaian tujuan
pembelajaran
·
Penyampaian cakupan materi
dan uraian kegiatan
|
Kegiatan inti (70
menit)
|
|
Observing
|
|
Teacher
|
Student
|
·
Guru menampilkan contoh ungkapan sapaan,
pamitan, perkenalan diri, beserta responnya.
|
· Siswa mendengarkan/
menonton interaksi sapaan, pamitan, dan perkenalan diri.
·
Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, dan perkenalan diri.
·
Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan,dan perkenalan diri.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan sapaan,
pamitan, perkenalan diri (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
|
Questioning
|
|
Teacher
|
Student
|
· Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di
mengerti.
|
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan,
dan perkenalan diri, dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
|
Exploring
|
|
Teacher
|
Student
|
· Guru memberi situasi yang berbeda tentang memberi sapaan, berpamitan,
memperkenalkan diri, kepada murid lalu mempraktekkannya.
|
· Siswa menyapa, berpamitan, memperkenalkan
diri dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
|
Associating
|
|
Teacher
|
Student
|
·
Guru meminta murid untuk
membuat kelompok dan berdiskusi tentang memberi sapaan, pamitan,
memperkenalkan diri beserta responnya.
|
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari ungkapan: memberi sapaan, pamitan,
perkenalan, serta cara
responsnya,.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan
dalam kerja kelompok.
|
Communicating
|
|
Teacher
|
Student
|
· Guru menyuruh murid untuk mempresentasikan hasil dari kerja kelompok
tentang memberi sapaan, pamitan, perkenalan dan beserta responnya secara
singkat di depan kelas.
|
·
Siswa
mempresentasikan dengan
mempraktek kan hasil dari kerja kelompok dengan teman tentang sapaan, pamitan,
perkenalan, serta cara responnya
dengan bahasa Inggris.
|
Penutup (10 menit)
|
|
Penutup
|
· Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari
· Penugasan
· Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan datang
|
H. PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
Kriteria
|
Skor
|
Siswa mengerti dan memahami dari gambar yang
telah diberikan dalam tugas short notice dan mengucapkan dengan baik dan
benar
|
90 -100
|
Siswa mampu mengartikan teks short notice dan
mengucapkan tetapi kurang jelas dalam pengucapan
|
70 - 80
|
Siswa menjawab tidak sesuai dengan gambar dan
salah dalam pengucapan
|
50 – 65
|
B. Penilaian Pengetahuan
Bentuk :
Test Tertulis
Jumlah Soal :
20 soal
Bobot nilai :
5 untuk setiap soal.
Nilai = Jumlah skor x 100
Skor Maksimal
C. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Skor
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat teks short notice dengan baik dan
benar
|
90- 100
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat tek short notice tetapi kurang
jelas dalam pengucapan
|
80-89
|
Siswa
mampu menjelaskan gambar tetapi tidak mampu membuat teks short notice
|
70-79
|
Siswa
tidak mampu menjelaskan gambar dan tidak mampu membuat teks short notice
|
60-69
|
Kediri, 10 Mei
2014
Mengetahui,
Mengetahui
Kepala SMPN 3 Kediri Guru Mata Pelajaran
____________________ ____________________
NIP. ... NIP. ...
1 komentar:
thekingofdealer | The King of Dealer Forums
A subreddit for discussion of slot machines, casino game systems, etc.. Please take a look at the links to these threads to 카지노 see if you
Posting Komentar