Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / 2
Materi Pokok : Teks deskriptif lisan dan tulis tentang benda
Alokasi Waktu : 1 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahdalam pergaulan dunia.
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
3.10 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang
deskripsi benda ,sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaanya.
4.12 Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan
sangat pendek dan sederhana.
4.13 Menyusun teks deskriptif sangat pendek dan
sederhana benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks ,dan unsur
kebahasaan , secara benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.10.1 Menentukan tujuan komunikatif teks
deskriptif (tentang benda) sesuai dengan konteks penggunaanya.
3.10.2 Mengidentifikasi struktur teks deskriptif
(tentang benda) sesuai dengan konteks penggunaanya.
3.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
deskriptif (tentang benda) sesuai dengan konteks penggunaanya.
4.13.1 Menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara
lisan.
4.13.2
Menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan.
4.13.3 Menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara tertulis.
D. Tujuan Pembelajaran
3.10.1 Siswa mampu menentukan tujuan komunikatif
teks deskriptif(tentang benda) sesuai dengan konteks penggunaanya.
3.10.2 Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks
deskriptif (tentang benda) sesuai dengan konteks penggunaanya.
3.10.3 Siswa mampu mengidentifikasi unsur
kebahasaan dalam teks deskriptif (tentang benda) sesuai dengan konteks
penggunaanya.
4.13.1 Siswa menanyakan sifat dan ciri fisik benda
secara lisan dengan akurat, runtut
dan berterima
4.13.2
Siswa menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan
dengan akurat, runtut dan berterima
4.13.3 Siswa menyatakan sifat dan ciri fisik benda secara tertulis
dengan akurat, runtut dan berterima
E. Materi Ajar
Teks deskriptif lisan tentang benda
D. Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model
: Pembelajaran berbasis masalah
Metode
: Auditori
G Sumber Belajar :
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a. Siswa disiapkan
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengawali
dengan doa
b. Siswa diabsen oleh
guru
c. Siswa diberikan
motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi belajar
bagaimana mencermati unsur kebahasaan dan makna sebuah lagu
c. Siswa diberikan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai unsur kebahasaan
sebuah lagu
d.Siswa
diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai
e. Siswa diberikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
a. Siswa
diperdengarkan teks deskriptif dengan
menyatakan deskripsi benda sangat pendek dan sederhana. (Task 1 & Task 2)
b.
Siswa
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks deskriptif di berbagai sumber. (Task 3)
Menanya:
a. Siswa
mempertanyakn perbedaan antara pengucapan kata sifat dengan kata kerja yang
lazim. (Task 4)
b. Siswa
mempertanyakan perbedaan antara tekanan kata sifat dengan kata kerja yang
lazim. (Task 5)
Mengeksplorasi:
a. Siswa mendengarkan teks deskriptif dari berbagai sumber. (Task 6)
Mencoba:
a.
Siswa menganalisis
teks deskriptif tentang benda dengan fokus pada fungsi sosial,struktur, dan
unsur kebahasaan. (Task 7)
b.
Siswa secara
berpasangan menuliskan teks deskriptif tentang benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan
unsur kebahasaan. (Task 8)
c.
Siswa secara
individu diminta untuk membuat teks deskriptif. (Task 9)
Mengkomunikasikan:
a.
Siswa diminta untuk mempresentasikan
hasil dari teks deskriptif didepan kelas. (Task 10)
|
65 menit
|
Penutup
|
Refleksi untuk
mengevaluasi:
a. Siswa diberikan
penegasan oleh guru mengenai
unsur
kebahasaan yang terkandung dalam lagu
makna
dari lagu
b Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuanberikutnya
|
5 menit
|
H. Penilaian Hasil
Belajar
1. Tes : Uraian
Mention at least
three evidence of these language element
a. Deletion of Sentence
Function
b. Neglection of
Conjunction
c. Frase dominancy
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Mengetahui,
Kediri, 24 April
2014
1 komentar:
mbak.. audionya mana?
Posting Komentar