Pages

RPP KURIKULUM 2013 Bahasa Inggris kelas VII Tentang Teks Lisan Sapaan, Pamitan, dan Perkenalan Diri


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

­­­­­­­­­­­­Satuan Pendidikan             : SMPN 3 Kediri
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas                                   : VII
Materi Pokok                       : Teks Lisan Sapaan, Pamitan dan Perkenalan Diri
Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (2 JP)


A.       Kompetensi Inti
KI 1     :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli      (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1  Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
2.2.2 Mengakui ketika membuat    kesalahan.
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri.
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain.
3.
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2    Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan memberi sapaan, pamitan, serta responnya.




3.1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan perkenalan diri, serta responnya.

4.
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.2  Menyusun teks lisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.1.1 Mengucapkan macam-macam bentuk sapaan dan pamitan, serta responnya.
4.1.2 Menyusun teks lisan ungkapan sapaan, pamitan, serta responnya.

4.2.1 Menyusun teks lisan menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri.

.


C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.      Mengidentifikasi macam-macam bentuk ungkapan sapaan, pamitan, perkenalan diri, serta responnya.
2.      Mengucapkan sapaan, pamitan,perkenalan diri dengan intonasi yang jelas.
3.      Menyusun teks sapaan, pamitan, perkenalan diri secara lisan.

D.       Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial         :  Untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Structure Texts            :
    Ungkapan sapaan dan pamitan :
a.     Good morning. How are you? Fine, thank you. And you?, etc
b.    Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., ...
c.     Thank you. You are welcome., ...
d.    I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., ...
Ungkapan perkenalan diri :
My name is ..., I’m ..., What’s your name?, Where do you live?, Nice  to meet you, How do you do, ...
Unsur kebahasaan :
(1)    Kata ganti kepunyaan
       My, your, our, their, her. his, its
       Mine, yours, ours, theirs, hers, his, its.
(2)     Kata ganti subjek
       I, you, we, they, he, she, it
(3)    Kosa kata, ucapan, tekanan kata, ejaan, dan intonasi.

Topik :  Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses  pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

E.        Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
*      Gambar
*      Power point slides

G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
·     Apersepsi dan motivasi
·     Penyampaian tujuan pembelajaran
·     Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (70 menit)
Observing

Teacher
Student
·    Guru menampilkan contoh ungkapan sapaan, pamitan, perkenalan diri, beserta responnya.





·   Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan, pamitan, dan perkenalan diri.
·    Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, dan perkenalan diri.
·    Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan,dan perkenalan diri.
·    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri ungkapan sapaan, pamitan, perkenalan diri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)
Questioning
Teacher
Student
·   Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti.
·  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, dan perkenalan diri, dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Exploring
Teacher
Student
· Guru memberi situasi yang berbeda tentang memberi sapaan, berpamitan, memperkenalkan diri, kepada murid lalu mempraktekkannya.
·     Siswa menyapa, berpamitan, memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Associating
Teacher
Student
· Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan berdiskusi tentang memberi sapaan, pamitan, memperkenalkan diri beserta responnya.
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan, struktur teks, dan  unsur kebahasaan dari ungkapan: memberi sapaan, pamitan, perkenalan, serta cara responsnya,.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Communicating
Teacher
Student
·    Guru menyuruh murid untuk mempresentasikan hasil dari kerja kelompok tentang memberi sapaan, pamitan, perkenalan dan beserta responnya secara singkat di depan kelas.
·      Siswa mempresentasikan dengan mempraktek kan hasil dari kerja kelompok dengan teman tentang  sapaan, pamitan, perkenalan, serta cara responnya dengan bahasa Inggris.
Penutup (10 menit)
Penutup
·      Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·      Penugasan
·      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.    PENILAIAN  
A.       Penilaian Sikap
Kriteria
Skor
Siswa mengerti dan memahami dari gambar yang telah diberikan dalam tugas short notice dan mengucapkan dengan baik dan benar
90 -100
Siswa mampu mengartikan teks short notice dan mengucapkan tetapi kurang jelas dalam pengucapan
70 - 80
Siswa menjawab tidak sesuai dengan gambar dan salah dalam pengucapan
50 – 65











B.      Penilaian Pengetahuan

Bentuk                 : Test Tertulis
Jumlah Soal          : 20 soal
Bobot nilai           : 5 untuk setiap soal.

  Nilai                     = Jumlah skor             x 100
                                  Skor Maksimal

C.       Penilaian Keterampilan

Kriteria
Skor
Siswa mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat teks short notice dengan baik dan benar
90- 100
Siswa mampu menjelaskan gambar dan mampu membuat tek short notice tetapi kurang jelas dalam pengucapan
80-89
Siswa mampu menjelaskan gambar tetapi tidak mampu membuat teks short notice
70-79
Siswa tidak mampu menjelaskan gambar dan tidak mampu membuat teks short notice
60-69

Kediri, 10 Mei 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMPN 3 Kediri                                                  Guru Mata Pelajaran

____________________                                                                               ____________________

NIP. ...                                                                                                   NIP. ...

1 komentar:

thekingofdealer | The King of Dealer Forums
A subreddit for discussion of slot machines, casino game systems, etc.. Please take a look at the links to these threads to 카지노 see if you

 

Posting Komentar